Rabu, 11 September 2013

Cara Mendiagnosa dan Memperbaiki Laptop Over Heating


Salah satu masalah yang paling umum keluhan dengan laptop adalah Laptop kepanasan atau Overheating.Overheating dapat menyebabkan banyak masalah, mulai dari blue screen, Laptop sering hank, Restart sendiri atau mati secara tiba-tiba. Anda mungkin tidak tahu bahwa overheating adalah akar masalah Anda, dan sebelum Anda tahu Anda memiliki motherboard terbakar habis di tangan Anda. kerusakan yang sering terjadi pada Gejala laptop No Display atau Laptop rusak awalnya sering disebabkan oleh overheating.
Penyebab dari Overheat pada laptop adalah debu yang menutupi lubang heatsink fan laptop sehingga panas dari Prosesor dan Chipset tidak tersalukan atau dibuang dengan sempurna. Prosesor dan Chipset adalah komponen yang paling panas pada laptop sehingga perlu diberi pendingin dengan heatsink Fan agar suhunya relatif dingin. 
Apabila Prosesor atau chipset mendapat kondisi terlalu panas atau melampaui ambang toleransinya maka komponen tersebut biasanya memberikan proteksi dengan gejala laptop langsung mati atau Blue Screen.

Langkah penanganan apabila terjadi Overheat adalah dengan cara membersihkan debu dan kotoran yang menutupi saluran angin kipas dan bersihkan juga kipasnya. :-)
Semprot motor kipas agar motor lebih enteng untuk berputar dan bisa lebih kencang, karena sering motor agak selip/seret sehingga motor hanya bisa berputar pelan.

Berikan Thermal Pad pada Chipset GPU dan pasta Thermal pada prosesor, Fungsi dari thermal Pad adalah menghantarkan panas pada Chipset ke Heatsink karena sama-sama bersifat padat maka untuk benar2 merekatkannya perlu penghantar panas yang lebih lunak, sehingga panas benar-benar terhantarkan.
Pada laptop yang menggunakan Seri Chipset AMD atau menggunakan GPU atau Chip VGA bila sering mengalami overheat maka perlu ditambahakan Plat Tembaga agar panas dari Chip dapat lebih cepat didinginkan. Semakin bagus dan lebar penampang Plat Tembaga maka Laptop akan semakin cepat dingin ^_^
 Nah sekian posting ane gan, Bila laptop agan-agan ada yang mengalami overheat / gejalanya silahkan mampir ke T-Comp Jogja. Di jamin Beres gan :-) 

4 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More