Jumat, 18 Juli 2014

Service Motherboard Laptop Dengan Reball Chipset

Pada perkembangan sistem elektronika sekarang ini komponen elektronik berkembang dari DIP komponen SMD komponen dan beralih kepada generasi terbaru generasi nano komponen dengan Chipset BGA. Chipset Laptop sebenarnya merupakan gabungan dari beberapa IC yang di packing / dipadatkan menjadi 1 komponen yang lebih power full karena dalam 1 chipset komunikasi data menjadi lebih cepat dan efisien.
Pada perangkat elektronik generasi terbaru perangkat elektronik dituntut semakin Cepat Efisien dan semakin kecil maka banyak perangkat Elektronik yang menggunakan komponen Chipset BGA pada Hardwarenya. Kebanyakan perangkat elektronik digital sekarang telah berbasis Microcomputer seperti handphone, laptop, Komputer, perangkat jaringan bahkan Televisi sekarang sudah mengadopsi sistem Computer. 

Perangkat komputer dan laptop sekarang mayoritas pasti mengunakan chipset sebagai komponen pendukung utama pada motherboard. Seperti pada pada generasi laptop intel pentium 4 hingga dual core atau core2duo menggunakan chipset Northbridge dan Southbridge yang mempunya tugas pokok masing-masing. 
Chipset Northbridge sering disebut Chipset VGA sedangkan Southbridge sering disebut Chipset IO (Input-Output). Masing masing Punya fungsi yang spesifik bisa dilihat pada blok diagram diatas.

Kerusakan Chipset Motherboard
Pada perangkat laptop maupun komputer atau perangkat yang lain sering terjadi kerusakan perangkat yang disebabkan karena kerusakan Chipset. 
Gejala kerusakan Chipset Laptop yang sering muncul adalah :
  • Laptop blinking tidak merespon, walopun sudah d ganti ram/ bios
  • sedang maen game tiba2 mati
  • habis maen game, di shutdown tp g mau idup lagi
  • habis maen game, di shutdown tp g mau idup lagi cuma lampu indikator nyala
  • lampu indikator power & charger mati semua
  • lampu indikator power tidak nyala tp indikator charger nyala jika di charge
  • Hardisk atau USB tidak kedetek
  • Mati Total dan Tidak ada tampilan atau No Display
  • dll
Penyebab Kerusakan Chipset Laptop kebanyakan karena Overheat/kepanasan dan karena Masalah Power Distribusi yang Error/Tidak Normal. Penyebab yang paling sering adalah Overheat disebabkan karena kurang lancarnya pembuangan panas dari Heatsink Fan atau pendingin yang kemudian menyebabkan Ball Timah BGA menjadi retak atau UnConec. Disisi lain penggunaan Ball Timah BGA juga memiliki usia expaired/kadaluarsa yang menyebabkan chipset dengan Jalur Pad BGA motherboard tidak terhubung.
Crack/retaknya Ball timah BGA dapat menyebabkan Gagal Fungsi dari Chipset
Solusi Service Motherboard laptop dengan kerusakan Chipset adalah :
  1. Rehot atau memanaskan Chipset dengan suhu titik didih dari timah Ball BGA sehingga ball timah kembali mencair dan dapat menghubungkan kembali Pad Chipset dengan Pad PCB motherboard. 
  2. Reball adalah proses penggantian kaki ball timah chipset dengan Ball timah baru. Hal ini perlu dilakukan karena ball timah tetap tidak dapat menghantarkan chipset dan mobo dengan baik walau rehot sudah dilakukan. Biasanya ball timah tersebut sudah mengalami titik jenuh atau teroksidasi sehingga kurang bagus sebagai penghantar maka perlu adanya penggantian ball timah yang baru. yaitu dangan Reballing.
  3. Replace Chipset adalah Solusi yang mujarap bila kedua solusi diatas tidak menyelasaikan masalah yaitu dengan mengganti chipset baru. Replace chipset relatif lebih mudah dan cepat dari pada harus reball chipset tapi memang biaya service lebih mahal hal itu sepadan dengan keawetan perangkat yang lebih awet bila Chipset yang bermasalah diganti baru.
Rehot Chipset dan proses Copot Pasang Chipset Mengunakan Mesin BGA Rework Stasion alat yang kami gunakan ini adalah Honton HT-392 buatan German
Proses Pelepasan Chipset VGA Intel GM45 terangkat dengan Sempurna
Kebanyakan laptop yang sering mengalami kerusakan dengan chipset adalah laptop dengan VGA AMD, ATI, NVidia dan juga generasi Intel Core i dengan Chipset HM.
Acer 4738 rusak tidak dapat nampil / No Display / Blank Screen diatasi dengan reballing Chipset ATI
Compaq CQ42 No Display berhasil diservice dengan Reball

Lenovo G470 No Display Solved dengan Reball dan Ganti Prosesor Core i3
Buat teman-teman semua yang mengalami masalah kerusakan motherboard laptop disebabkan masalah Chipset Silahkan datang ke Workshop Kami TCOMP Jogja Profesional Laptop Service di Yogyakarta. Alamat kami : Jalan Ambarasri B311, Gowok, Ambarukmo, Yogyakarta. BBM : 330FE683 ; Tlpn/SMS/WA : 085329861655

Jangan sampai laptop anda mengalami salah penanganan karena dikerjakan oleh teknisi Amatir bisa-bisa laptop anda semakin bertambah rusak parah seperti kasus berikut 
Ini Foto yang kami ambil dari Microscope Camera pada Dell 4030 ada beberapa jalur BGA yang Putus terangkat karena Salah penanganan Chipset untung masih bisa tertolong
Dell 4030 Berhasil Nyala dengan Normal setelah Proses Reball VGA ATI, Oiya kami juga memberikan modif Pendinggin Pada Heatsink Fan dengan Menambahkan Plat Tembaga sehingga Chipset dan prosesor lebih dingin atau bisa lihat posting saya tentang Overheat

Vidio Proses Reball Chipset AMD Acer 4540

Service Laptop REPLACE New Chipset Intel HM65 Asus N43SL i7

Video diatas adalah salah satu proses penggantian Chipset baru pada Laptop asus N43SL i7 salah satu User kami dari malang, Kasus awal pada laptop tersebut adalah mati total tidak bisa di switch on, pada pengecekan tegangan kerja pada blok power ALW semua normal, kemudian dilakukan pengetesan sinyal sequence mengerucut pada chipset PCH INTEL HM65 dan kita putuskan penggantian Baru.
Alamat Tcomp Jogja

*TComp 2 cabang Klaten dengan Alamat : Jln Wahidin Sudiro Husodo No. 27, Semangkak, Klaten tengah, Klaten (Depan SMP N 1 KLaten). TLPn/WA : 085647076669.



126 komentar:

chipset yang sering rusak tu chiset apa ya

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Gan, kalau ganti chipset berapa anggrannya, gan

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

motherboard 4540 matot. kalau di reball awet berapa lama ? biaya kalo dari jakarta berapa gan ?

Gan, laptop(compaq cq 43) saya kmarin vga radeon nya gak kedetek...
Trus selang 3 hari laptop mati blank
Lampu indikator + kipas nyala semua.
Pertanyaan nya apa mungkin vga ke 2 (radeon dan intelnya) yang jebool?

Joss..
Mantab sekali
Banyakin artikel tutorialnya mass.. biar makin ramee..

Mantap Sekali Jadi Tau bagaimana Cara memperbaiki dan jadi tau bagaimana resiko membeli perangkat servisan ..
Terimakasih Banyak ..

Klo matot mungkin bukan chipset yg rusak. Tp ic power. Kl no display bisa jd chipset

Waduh klo sekedar analisis dr cerita. Vga Radeon udah rusak/crack

Insyaallah sekedar sharing ilmu

nice job....,salam kenal yah...,semoga sukses selalu

Klo on dan kipas nyala tp layar blank sama sekali, kira2 masalah chipset y? Kisaran biaya berapa?

Laptop saya rusak awalnya saya ngecharge laptop terus tiba-tiba lampunya mati. Terus semenjak itu gak bisa di hidupkan lagi. Terus saya cek ke salah satu service komputer di jogja, katanya laptop nya normal2 aja, tapi katanya mainboardnya yg rusak. Terus harus ganti chipset atau ganti mainboard keseluruhan. Itu gimana ya?? Tolong gan solusinya?
Plus kipas laptop saya itu pernah pecah kena besi belakang tempat duduk di motor, itu berpengaruh gak sih gan?
Thanks

@herlina : Klo dr Gejala Bisa jadi Chipset pada mainboard rusak. Insyaallah bisa qt atasi. silahkan Bawa ke Workshop kami.

Sya punya maslh hampir sama lah dengab ibu herlina,bgni leptop sya sementara sya charger tp menggunakan charger universal sementara saya mainin tiba tiba lampu layar mati, trus lampu mesin nyala, prosesornya panas banget...apa harus ganti chipset at ganti mainboard keseluruhan?

Sya punya maslh hampir sama lah dengab ibu herlina,bgni leptop sya sementara sya charger tp menggunakan charger universal sementara saya mainin tiba tiba lampu layar mati, trus lampu mesin nyala, prosesornya panas banget...apa harus ganti chipset at ganti mainboard keseluruhan?

saya punya a43t, kondisi mati total penggunaan biasa. terakhir sering overheat, kalo chipset dilepas bisa nyala cuma blank tapi kalo chipset dipasang cuma nyaa sebentar langsung mati. harus diapain sama biaya berapa?

Gan laptop sy baru beli sebulan mereknya asus trus pas sy colokin flas tmn sy di laptop tb" mati tp sy nyalain tomber power msi jd
Tp lola pas sy eject itu flash malah dia buat laptop sy mati. Tp lampu nya kedip", dan lampu baterainya jg kedip". Tp gk mau tunjukin tampilan.Pas bw ke tempt pembelian pake garansi ktnya materboardnya rusak jd harus di kirim kejawa kira" berapa lama tu gan? Dan biasanya apa yg rusak? Sy benar" pusing mikirinya krna perlu banget sm itu laptop -.-

gan.. kalau chipsetnya rusak.. apa bisa diperbaiki atau harus diganti ?..
TERIMAKSIH : )

Saya pribadi tidak rekomendasi penggunaan Charger Universal karena kebanyakan chager universal kurang baik Arusnya. Banyak Nois Tegangan dan Dayanya biasanya rendah yg ditinggikan malah tegangannya sehingga sering merusak Laptop

Seri K43T seri AmD memang sering bbermasalah Di VGA rekomended utuk Reball dl kl chip masih bagus. Kl memang chip kurang sehat lebih baik ganti chipset atau Ganti mobo lebih baik

Kalo melihat dari Gejalanya Bisa jadi rusak power supply bagian VS atau tgangan ke pendukung periperal
Ya klo masih Garansi saran saya tetep ikuti prosedur Garansi aja

Klo memang Rusak Chipnya ya harus Ganti. Itupun bila Partnya tersedia 😁

Untuk service di jakarta ada gak mas?

gan, laptop ane sempet ganti chipset, cuma kalo dipake buat kayak nonton film, gaming, video editing, pas dinyalain lagi bluescreen.
codenya sih dari atikmpag.sys nya
itu dari drivernya atau gimana ya ?
sempet diinstalin driver darisananya soalnya
tapi pas coba ganti driver bawaan cd laptop malah ganampak windowsnya

Mas mau tanya bisa service vga card xfx hd 4770 matot saya lihat chip vga retak...kalau ganti chipset ada gak dan harga berapa? Bisa langsung PM ane mas hehe mumpung saya masih di jogja

Infonya kurang lengkap. Seri laptop dan VGA nya
Kl dri analisis brati ada masalah pada hardware VGa

Matot? Seri chip VGA apa? Chip VGA card karang dijual di pasaran. Harus inden dl

mas nanya saya kan punya acer aspir 4750 kan vga nya onboard aka intel , nah punya temen saya serinya sama tapi ada g nya jadi vganya ada nvidia 540 2gb ,waktu kita bongkar main boardnya sama cuma bedanya di bagian chip vga ,punya temen saya ada nvidianya sedangkan punya saya kosong , namun tempatnya adaa dan sama persis ,
kira kira kalau ditanem chip vga nvidia atau ati gitu bisa ngga ya mas ?
dan estimasi biaya berapa ya ?

Mas kalo ganti chipset toshiba L510 (vga ati radeon) kira2 berapa biayanya ya?

Wah blm bisa mas. Dan beresiko juga. Karena harus merubah sistem data dan tegangan

VGA Ati nya rusak?
Ksus No display klo reball 400 klo ganti chipset 700rb

VGA Ati nya rusak?
Ksus No display klo reball 400 klo ganti chipset 700rb

kalau kirim motherboard tanpa procie,, heatsink,, dan ram boleh gak..?? saya dari kupang NTT...

untuk Pengiriman Service Mobo.
disarankan : mobo+procesor+heatsinkfan+swit onoff+kabel Colokan adaptor

mas mau tanya saya punya laptops asus a43sa, layar ke lcd laptop tidak nyala tapi kalau ke monitor eksternal ada gambarnya,tapi pda saat saya cba instal driver vga nya laptop langsung BSOD error atikmpag.sys, saya coba instal ulang lagi windows sama vga ttp masih BSOD apakah itu karena kerusakan chipset vga,

Seri asus a43sa sering rusak vga AMD radeonnya. Dan seri ini rawan rusak

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Qt rekomendasi reflow atau reball biaya 400rb

Qt rekomendasi reflow atau reball biaya 400rb

Gan mau nnya.. laptop ane lenovo g470.. kena air keyboardnya trus tb2 mati laptopnya pas q idupin layar putih semua itu knpa ya.. apa nya yg rusak

Terlepas dari cara penggunaan usernya... ada rekomendasi g jenis laptop apa yg jarang eror dan bagus untuk mobilitas tinggi? Penggunaan untuk koneksi internet dan edit data saja.
Saya pakai asus... sering eror d mana2.. keyboard, motherboard,layar
Acer... baterenya soak

mas punya saya laptop asus a46c core i3, dicek katanya rusak chiosetnya, masih bisa di reball kan. mw kirim ketempat bisa ga.. makasih

Coba tampilan di monitor external. Apakah normal? Klo normal bisa jadi rusak LED monitornya

Wah semua seri laptop sudah pernah saya tangani rusak
Yg jarang rusak biasanya Seri High atau Premium.
Dari desain laptop juga terlihat
Semakin dingin laptop semakin awet. Semakin banyak proteksi supply semakin aman

Kondisi kerusakannya gmn ya?
Coba konsultasikan dl ke CP kami via WA atau BBM
Untuk ramadan ini qt stop dl servicean mobo dr luar jogja

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

saya punya masalah yg hampir sama dengan mas cecep, a43sa jg indikator&fan nyala saya bawa SC katanya harus ganti chipset, kalo dari luar kota harus dateng ke workshpnya jg ya bang? apa udah ada cabang gitu dikota lain

Mas,klo VGA onboard apakah chipnya gabung ke procie atau misah? Klo mobo yg vga onboard apakah mungkin "chipset vga" nya rusak? Laptop nyala, indikator charge dan baterai nyala,kipas nyala, sy tekan tombol volume jg berbunyi(bunyi beep,bukan bunyi musik atau sebagainya), harddisk,ram,dll gl ada masalah. Tpa lcd gk mau nyala,lagi mau dicoba pake lcd eksternal buat ngetes apakah lcdnya yg rusak atau daleman mobonya. Kira2 klo daleman mobonya yg rusak masih bisa dibenerin gk ya? Vga onboard soalnya

Mas,laptop saya asus x452e pke amd e2 klo dipake cuma 30 menit mati dgn sndirinya,ane bawa ke servisan di daerah saya katanya kena chipsetnya,tpi tokonya nggk mau nyervis soalx laptop ane pake amd,kira" ditempat mas bisa dibenerin nggak?

biaya servis untuk notebook yg layarnya tidak tampil tapi lampu powernya hidup itu berapa ya mas? notebook saya asus x200ma

Estimasi wkt pengerjaan nya berapa lama mas.
Kalau mau service nya harus datang ke sana apa bisa kirim pake paket aja mas? Soalnya jauh kalau ke Jogja

Oh ya kelewat. Menurut mas lebih baik di reball apa ganti chipset nya

Mas.laptopku compaq cq41.sudah prnah direflow.tahan 2 tahun.kemudian blinking smula n hantar utk direball.cuma tahan 2 mggu.adakah prlu tukar chipset baharu?

assalamualaikum... salam kenal sy dri lombok ntb.. sy punya laptop acer pertama di nyalain langsung nyala secara normal tp stlh di shutdown trus di nyalakan lagi ngak bisa hidup sama sekali...kira2 komponen apanya yg sudah lemah terima kasih...

Gan. Ane ada rencana unik gan.
Laptop ane normal no segel acer e1-422 versi onboard a6 + hd8400
Nih ceritanya begini gan.
Ane mau upgrade vga hd ke gtx versi bagusan lah.
1. Upgrade vga onboard apa bisa gan?
2. Upgrade processor sekaligus vga yg gpu (gosok pijat urut) :v itu gan apa bisa?

Gan. Ane ada rencana unik gan.
Laptop ane normal no segel acer e1-422 versi onboard a6 + hd8400
Nih ceritanya begini gan.
Ane mau upgrade vga hd ke gtx versi bagusan lah.
1. Upgrade vga onboard apa bisa gan?
2. Upgrade processor sekaligus vga yg gpu (gosok pijat urut) :v itu gan apa bisa?

Mas, masih bisa kah ganti chipset asus n43sl i7?

Terima kasih atas infonya min sangat berguna dan bermanfaat

Kalau biaya service dg kerusakan semacam itu berapa mas ?

Salam kenal saya teknisi laptop juga cuma msh sdkit ilmunya , dari subang

Saya punya laptop compaq cq 41,kondisi nyala cuman hardisk tidak kedetek.tadinya saya kira hardisknya .setalah ganti hardisk baru masih juga sama.apa ini juga masalah pada chipsetnya ?

Saya punya laptop compaq cq 41,kondisi nyala cuman hardisk tidak kedetek.tadinya saya kira hardisknya .setalah ganti hardisk baru masih juga sama.apa ini juga masalah pada chipsetnya ?

Saya punya Laptop Toshiba Satellite L635, Nyala tapi tidak ada Tampilan, saya sudah tes Pake Monitor tpi sama aja. brapa biaya nya...

mas mau tanya, laptop saya acer 4741. masalahnya laptop sering hang berhenti secara tiba2, tidak bisa diapapakan. saat seperti itu indikator hdd mati, fan masih berputar. sth saya ganti hdd masalah masih tetap sama. saat menggunakan vga standart OS, laptop tidak ada masalah tapi setelah driver vga di install masalahnya kembali sediakala. setelah update driver vga pun masih blm menyelesaikan masalah. kira2 dimanakah masalahnya?

Mas pngn tanya nih laptop sy kalo dinyalain layar blank (g ada tampilan sm sekali) tp lampu indikator masih hidup itu ada masalah dibagian apanya y? kadang laptop masih bisa nyala normal & dipakai kyk biasa

gan mw tnya, saya punya laptop msi fx400 ud dicek dipastikan mainboard dan vga nvidia bermasalah
klo untuk biaya memperbaikinya brp yah??
thx

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

bang mau nnya,
ada cipset intel untuk laptop asus N46JV?

Nanya boleh broh 「(゚ペ) ?
Tersangka Acer 4738G.
Udah bbrp kali di Re-Hot chipset Radeonnya, tapi gak bertahan lama, blank doank (lampu led & fan nyala).
Nah pertanyaan saya :
Bisakah chipset vga radeon tsb dilepas aja dari mobonya ?
Jadi laptopnya hanya menggunakan/aktifkan vga Intel-HD) saja.
Penggunaan laptop 8 jam hanya utk tugas kantoran (office).

Mohon wejangannya ✌(^_-)..

mat siang mas boleh jadi mitra kerja saya juga service laktop komputer tapi ga lengkap alatku banyak drumah cipsetnya yang rusak mau direball/ganti

Iya bisa pak. Lokasi dimana? Bisa langsung kontak ke CP kami

Bisa nnt setelh chipset dileps. Harus modivikasi jalur

Mas mau tanya, laptop saya mainboardnya rusak jadi semisal di repair tanpa harus ganti mainboard baru awet gk ya mas? terima kasij sebelumnya

Netbook saya acer aod 270 tipe lama. Mohon pencerahannya mas. Thank you.

Netbook saya acer aod 270 tipe lama. Mohon pencerahannya mas. Thank you.

acer 5745g saya mati tiba2 ketika main game...ketika dinyalakan hanya lampu power dan kipas yg hidup..monitor blank hitam..apakah vga nya rusak..saya coba pake monitor ext ada gambar tapi bergaris...kalo memang vga nya yg rusak berapa biaya perbaikanya..

Tergantung kerusakannya Mbak. Tp rata2 awet setelah di service di tempat kami.dan Qt garansi 1 bulan

Iya itu brati displaynya bermasalah /artifak. Biasanya ditempat kami chipset vga nya qt reball klo ndak bisa ya harus ganti chipset

Mas mau nanya, saya punya asus x45a, bisa tidak chipset nya di ganti ke yang lebih tinggi, chipset bawaan intel HM70 di ganti jadi HM75 ke atas, supaya bisa support processor keluarga Core i...
Terimakasih...

Gan mau nanya, saya punya laptop dengan processor amd socket bga. Itu bisa di ganti gak processor?

Sebenarnya bisa mas. Tp harus merubah beberapa letak komponen. Dan beresiko juga kalo gagal laptopnya bisa mati

Kasusnya gmn? Klo prosesor tanam beberapa seri ada yg bisa diganti seri diatasnya / bawahnya

mau tanya laptop sony vaio keadaan bisa hidup setelah sampai desktop ga smpe 2 menitan kemudian langsung mati di hidupkan lagi mati lagi dst,apakah bisa di servis dan biayanya kira kira brp

Iya bisa. Untuk biaya mungkin sekitar 400 tergantung part yg rusak

Mau tanya laptop saya Toshiba L735 dgn Vga Invidia. Klo laptop dinyalakan pasti gag tahan lama restart ulang trus, udh dicoba vganya di disable tetap restart juga.pernah dibw ketmpt service laptop kataya kapasitorny hrs diganti dgn kapasitor tantalum tp sm jg gag tahan lama. Kira2 apa permasalahannya?thanks gan

Klo kasus Restar trus bisa masalah pada Termal sensor, seperti kasus overheat, bisa drop VCore atau drop tegangan disalah satu blok power semua harus dicek dl

permisi mas.. mau tanya.. saya menggunakan mobo biostar chipset amd a70.. komputer didup normal.. tapi chipset nya saya rasakan sangat panas saat di sentuh jar.. tudak kuat nyentuhnya lebih 5 detik.. sangat panas mas.. yang ingin saya tanyakan, apakah itu normal ma ? dan berapa panas yang normal untuk sebuah chipset ?

mas laptop saya a46cm. itu nvdia nya sering banget crash setiap buka aplikasi atau game yang make vga.
sering BSOD, freeze dll. errornya nvlddmkm.sys .

semua cara di google uda diikutin.
apakah kemungkinan vga nya mnta reballing ya ?

Punyaku juga lenovo g40 45 udh direhot/reflow baru sehari dah no display lagi. Vga nya onboard jadi satu sama processor dengan mainboardnya. :( apa bisa awet klo di reball atau diservis mainboardnya.

Mau tnya, punya chipset gpu radeon 8750m gk mas, sya butuh.. mhon info saya list harganya ya klo memang trsedia. Thanks ditunggu infonya.

Mas kasus laptop saya lampu indikator nyala, kipas pndingin nyala. Tapi layarnya gk nyala sama skali. Ap2 ya kira2 kerusakannya

Biasanya kalo toshiba satellite l645 ,terus ganti chipset apa kekuatannya gabakalan lama

bos vga asus saya eror atykampag.sys,, apakah chipsetnya rusak,kalau di perbaiki berapa biayanya

Gan laptop saya asus A53sv indikator power, charger, dan wifi nyala kipasnya jg nyala tapi layar blank itu kira2 kerusakanya apa?
itu gara2 mati listrik dan laptop langsung mati karna baterai sudah rusak.

klo laptop saya sering mati ko main game berat knp ya min ? padahal yg lalu udah di ganti ic nya ,,

mas.. sayah dari bandung jika mau service kirim2 yahh.. soalnya gk mungkin ke jogja jauh. permasalahan leptop sayah tidak bisa membaca ram leptop sayah merek HP 1000,ada indikantor capslock berkedit 3 kali kedipan saat di nyalakan dan layar blank, indikator caplock menandakan ram tidak dalam keadaan baik. tapi ketika sayah coba ganti ram dengan yang baru tetap seperti itu., setelah di bawa ke revice di nyatakan rusak mb. da harus ganti.. kira2 masih bisa di service.. mohon pm yah mas.. terimakasih.

Laptop toshiba saya layarnya mati, kipasnya mati juga, tapi lampu indikator hidup, itu masalahnya dimana ya mas? Apa karna chipset? Apa laptopnya bisa diperbaiki ? Makasih mas

salam,,,,
laptop saya toshiba t135d, gejalanya laptop tidak mau nyala, cuma lampu tombol power sj yang nyala, setelah di tekan powernya, lampunya cuma nyala,kipas nyala tp cuma sebentar, setelah itu langsung mati.
kira-kira kerusakannya dimana y mas?
kalau ongkos betulinnya berapa?
tolong di jawab y mas
makasih bnyak

Gan minta masukannya,saya dari Madura jadi buat ke tempat agan jauh, begini, laptop saya tidak bisa detect usb,WiFi sama sound ga nyala,hasil analisa teman katanya chipset nya kena, untuk kejadian seperti itu kira2 apa perbaikan yg bisa dlakukan? laptop saya display normal hanya kadang gelap sebentar2 pas dicolokkan usb habis itu balik ke display normal lagi,mohon masukan

Mau tanya apakah menerima perbaikan luar Jogja ? masalah ASUS 46 C tidak bisa dipakai mati total hanya bisa charger batere yang nyala hanya lampu pwr kalau menerima akan kami paketkan ke Alamat di Jogja terimakasih

Klo bg yg tinggal d luar jogya kaya mn cara mau servisnya Mas. Aku tinggal neng Lampung?

kalau chipset hm70 diganti hm75 bisa gak mastah?

gan mau nanya, laptop saya sony vaio sve14a25cv, permasalahannya pas klo lagi main game, sekitar beberapa menit kemudian tiba2 mati laptopnya, tp klo hanya sekedar pake buat nonton, selancar d google, dan download sampai berhari2 (nonstop 24 jam), gk ad masalah...
ap mungkin chipset vga-nya yg bermasalah, ato mungkin hanya perlu d bersihkan dan ganti pastanya aja...

mohon pencerahannya ya gan...
Thanks before...

gan laptop saya asus a43s nvidia core i3, laptop lama disimpan (mungkin lembab), saat dihidupkan nyala sebentar mungkin 10-30 dtk, trs mati sampai skrng, skg cmn lampu cas yang hidup. kira2 apa chipset nya yg kena? klu repair brp lama trs kira2 biayanya nyampai brp..? thanks

Mau tanya mas, laptop saya lenovo z51-70 mati gamau nyala. Hanya lampu indikator nyala 5 detik trs mati lagi.. fan jg blm nyala. Apa kerusakanya di chipset? Dan bisa di perbaiki atau di ganti gak chipsetnya? Sebelumnya saya ganti thermal pasta sendiri dan pas di nyalain gak mau nyala.. thnks

Macbook a1181 kipas muter tp layar gak tampil kira2 biaya berapa mas?area klaten

Kelemahan Macbook Pro yg bypass vga hanya pakai Intel graphic
http://zapplerepair.com/kelemahan-Macbook-Pro-yg-bypass-vga-hanya-pakai-Intel-graphic.html

Bang klo processor bisa di replace tapi dengan processor yg berbeda (replace)

Kalo utk masalah seperti ini kira2 biayanya kisaran berapa ya? Terimakasih sebelumnya

Min, laptop asus A455LJ core i5-5200u nVidia 930M habis ganti thermal paste laptop jd gelap layarnya (kalo diterawang ada gambarnya), kalo pake monitor eksternal gamasalah. Kira kira kenapa ya?

Terimakasih

gejala sering artefak tiba tiba. pasta dah di ganti. solusi

Min mau tanyak apakah chipset lenovo IP 330 partnya mudah ditemui apabila ganti biayanya brpa

Min mau tanya apakah punya skema mainboard kodenya ASUS X455LJ ver.3.1

Terimakasih

On the off chance that you are doing tolerably serious exercise you can perform them more much of the time than if you are doing very extreme exercises. Your body need adequate rest to WELL NessPitch and remake its muscles before you use them again to guarantee your benefiting from your exercise.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More